Halaman

Kamis, 19 April 2018

5 Area Terpenting yang Harus di Bersihkan di Ruangan Kamar Tidur

Ruangan kamar tidur merupakan salah satu ruangan terpenting di sebuah rumah karena ruang tersebut menjadi tempat yang digunakan beristirahat. Karena alasan sederhana itulah; kebersihan ruangan kamar tidur menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Berikut ini 5 bagian penting dari kamar tidur yang butuh perhatian dalam urusan kebersihannya.

5 Area Terpenting yang Harus di Bersihkan di Ruangan Kamar Tidur

Tempat Tidur

Tempat tidur yang digunakan untuk tidur merupakan salah satu bagian paling penting untuk dijaga kebersihannya. Seseorang dengan durasi tidur normal akan menghabiskan kurang lebih 8 jam berada di atas tempat tidur. Menjaga tempat tidur tetap bersih menjadi hal penting untuk dilakukan demi kesehatan penggunanya.

Sebuah tempat tidur berpotensi kotor karena beberapa sebab. Salah satunya karena debu yang masuk dan jatuh di atas tempat tidur karena terbawa aliran angin. Debu yang berasal dari badan ataupun kaki saat duduk atau merebahkan diri di atas tempat tidur juga berpotensi terkumpul di atas tempat tidur. Keringat yang keluar ketika tidur juga berpotensi membuat tempat tidur menjadi kotor.

Menjaga tempat tidur tetap bersih dapat dilakukan dengan cara membersihkannya dari kotoran yang ada di atas sprei sebelum dan sesudah tidur menggunakan kemoceng, sapu lidi khusus atau alat lain. Mengganti sprei secara teratur juga sangat dianjurkan dan sebaiknya dilakukan sebelum sprei benar – benar terlihat kotor.

Perlengkapan Tidur

Perlengkapan untuk tidur seperti selimut, bantal dan guling juga menjadi bagian dari kamar tidur yang wajib dibersihkan secara teratur. Mengganti perangkat tersebut dengan yang baru dan mencucinya secara teratur dapat menjadi cara paling mudah untuk menjaga kebersihan kamar tidur.

Selimut, bantal dan guling berpotensi menangkap kotoran berupa debu yang masuk ke dalam ruangan bersama aliran udara. Selain itu; kotoran yang melekat di badan, pakaian ataupun keringat ketika tidur juga berkontribusi pada pengumpulan kotoran di perlengkapan untuk tidur.

Selain dicuci; ada baiknya untuk menjemur kasur beserta bantal dan guling secara teratur. Menjemut kasur dan perlengkapan tidur dapat membuang debu sekaligus membersihkannya dari kutu tungau yang mungkin menggunakannya untuk tempat bersembunyi. Debu dan kutu tungau bisa menyebabkan masalah pada saluran pernafasan; terutama bagi mereka yang sensitif atau memiliki reaksi alergi.

Bagian Bawah Perabot Atau Furniture

Bagian bawah tempat tidur ataupun furniture lain yang ada di dalam ruangan kamar tidur menjadi bagian lain yang wajib mendapat perhatian atas kebersihannya. Selain disapu atau dibersihkan menggunakan penyedot debu; bagian bawah perabot atau furniture juga harus dibersihkan dari kemungkinan adanya sarang laba – laba.

Sarang laba – laba dapat dengan mudah menjadi tempat debu terkumpul sehingga berpotensi membuat udara dalam kamar tidut menjadi kotor.
Membersihkan bagian bawah perabot dengan kemoceng, lap basah dan dijemur secara teratur dapat menjadi pilihan untuk menjaga kebersihan. Kemoceng atau sapu dapat membersihkan sarang laba – laba dengan cukup efektif; sedangkan lap basah akan menangkap debu yang menempel. Sedangkan menjemur perabot di kamar tidur dapat mencegah tumbuhnya jamur.

Lantai Dan Karpet

Lantai kamar tidur menjadi bagian lain yang harus dibersihkan secara teratur setiap hari. Lantai menjadi bagian yang paling mudah kotor karena debu ataupun karena kotoran lain yang terbawa masuk ke kamar ketika penghuni kamar datang dari luar. Lantai dapat dibersihkan menggunakan sapu atau penyedot debu secara teratur. Mengepel lantai menjadi cara lain yang dapat dilakukan untuk membuat lantai bersih dan bebas dari debu.

Jika lantai kamar dilengkapi karpet; maka membersihkan karpet dengan penyedot debu dan mencucinya secara teratur harus menjadi rutinitas untuk menjaga kebersihan. Karpet dari bahan apapun berpotensi menjadi tempat debu terkumpul; bahkan pada karpet plastik sekalipun. Debu, jamur dan kutu sangat mungkin terkumpul di permukaan ataupun bagian bawah karpet yang jarang dibersihkan.

Langit – langit Kamar

Bagian langit – langit kamar menjadi bagian dari ruangan kamar tidur yang harus dibersihkan secara teratur. Langit – langit kamar seringkali kotor karena sarang laba – laba yang memerangkap debu. Bahkan langit – langit ruangan yang menggunakan pendingin ruangan atau AC juga harus mendapat perhatian agar tidak menjadi tempat terkumpulnya debu dan kotoran.