Halaman

Selasa, 01 Mei 2018

Liburan Bersama Keluarga: Pilih Sewa Apartemen, Hotel atau Kontrakan Saja?

Liburan bersama dengan keluarga adalah agenda wajib yang bisa Kamu rencanakan minimal satu tahun sekali untuk menghabiskan waktu libur panjang bersama. Dengan liburan bareng keluarga, Kamu bisa bersenang-senang bersama dengan orang yang paling dekat di kehidupanmu dan pastinya terasa lebih nyaman dan bebas melakukan apa saja.


Ketika liburan, salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah memilih tempat penginapan yang paling pas. Kini makin banyak pilihan jenis penginapan yang bisa Kamu pilih untuk tempat istirahat keluarga yang nyaman di antaranya yaitu hotel, apartemen, atau kontrakan. Masing-masing jenis penginapan pastinya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mana yang paling pas dengan kebutuhanmu?

Kelebihan sewa apartemen untuk liburan keluarga

Apartemen bisa jadi pilihan tempat tinggal sementara selama Kamu liburan bersama dengan keluarga. Karena saat ini makin banyak apartemen yang disediakan bagi masyarakat yang butuh tempat tinggal atau dijadikan sarana investasi sehingga banyak juga pemilik apartemen yang menyewakan unitnya kepada orang lain.

Misalnya ketika Kamu ke Surabaya, ibukota Jawa Timur ini punya pilihan apartemen yang beragam dengan segala fasilitasnya. Sewa apartemen di Surabaya bisa secara harian, mingguan, bulanan, atau tahunan tergantung dengan kebutuhan Kamu. Untuk liburan, sewa apartemen secara harian tentunya paling ideal.

Sewa apartemen di Surabaya nantinya Kamu dan keluarga bisa tinggal di unit yang sudah lengkap isinya dengan perabotan kebutuhan dasar, lengkap dengan kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan juga ruang santai.

Tinggal di apartemen akan memberikan kenyamanan dan juga keamanan Kamu dan keluarga selama masa liburan karena apartemen biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas baik yang ada di unit maupun di komplek gedung, plus keamanan yang lebih baik dengan instalasi kamera dan juga petugas keamanan yang selalu siaga. Fasilitas yang bisa Kamu dapatkan ketika sewa apartemen di Surabaya antara lain adalah:

1. Unit yang bersih dan nyaman dengan isi yang cukup lengkap
2. Keamanan yang terjamin
3. Kunci akses apartemen yang hanya diberikan pada penghuni
4. Kolam renang
5. Jogging track
6. Lokasi yang strategis
7. Harga sewa yang lebih murah dan ekonomis untuk keluarga.

Kelebihan menginap di hotel untuk liburan keluarga

Selain sewa apartemen di Surabaya, pilihan penginapan yang lain adalah menginap di hotel. Hotel merupakan tempat penginapan konvensional yang sejak dulu selalu jadi pilihan ketika berkunjung ke luar kota.

Cari hotel yang dekat dengan tempat wisata pun sekarang sudah mudah, Kamu bisa mencari yang sesuai dengan budget melalui aplikasi atau situs online bahkan juga bisa langsung booking kamar dan bayar sehingga nantinya tinggal check in ketika sudah tiba. Kekurangan dari menyewa hotel adalah adanya batasan penghuni dalam satu kamar dan biaya tambahan apabila ingin menggunakan extra bed.

Beberapa hotel juga memberikan larangan untuk membawa anak kecil karena bisa mengganggu tamu di kamar lain. Tapi, kelebihan yang ditawarkan oleh hotel berikut ini bisa jadi pertimbanganmu untuk menginap di hotel.

1. Kamar yang nyaman dan bersih dengan kamar mandi sendiri
2. Pelayanan staff hotel yang selalu siap untuk membantu Kamu selama menginap
3. Restoran
4. Sarapan gratis
5. Kolam renang dan juga fasilitas gym
6. Layanan antar jemput bandara
7. Hotel berbintang tentunya akan menawarkan fasilitas dan kenyamanan yang lebih berkelas untuk membuat liburan keluarga jadi terasa lebih menyenangkan.

Kelebihannya mengontrak rumah ketika masa liburan

Nah, pilihan ketiga yang bisa Kamu ambil untuk penginapan selama masa liburan bersama dengan keluarga adalah dengan mengontrak atau menyewa rumah secara harian. Di kawasan objek-objek wisata sekarang ini banyak yang menyewakan rumahnya untuk ditinggali oleh para wisatawan.

Ada yang menyewakan per kamar, ada juga yang menyewakan satu rumah dengan segala isinya yang biasanya lebih banyak digunakan oleh keluarga atau rombongan. Keuntungannya kurang lebih sama dengan menyewa apartemen, tapi kalau menyewa rumah Kamu bisa mendapatkan kenyamanan seperti di rumah sendiri lengkap dengan halaman dan juga garasi yang digunakan untuk menyimpan kendaraan.

Rumah sewaan biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas pancuran air panas untuk digunakan oleh penyewa, ruang santai yang dilengkapi dengan televisi, dapur yang sudah lengkap dengan alat masak dan juga perlengkapan makan.

Keluarga yang sedang liburan biasanya lebih memilih kontrakan rumah harian karena bisa bebas beraktivitas seperti ketika di rumah sendiri, dan juga lokasinya yang dekat dengan objek wisata. Kamu juga bisa memilih kontrakan rumah yang berada di lokasi dengan pemandangan yang indah misalnya ketika liburan di objek wisata yang mengandalkan keindahan alam, sehingga suasana liburan pun makin terasa.

Memilih penginapan yang paling pas untuk liburan keluarga memang tidak mudah. Kamu harus pastikan akomodasi yang dipilih bisa menampung seluruh anggota keluarga yang ikut liburan dengan nyaman. Pilih penginapan dengan jumlah kamar yang sesuai dengan anggota keluarga, penginapan dengan dapur sendiri bisa jadi kelebihan karena Kamu bisa menyiapkan makanan dan minuman kapan saja dengan bebas.

Memilih penginapan yang berupa rumah atau apartemen lebih pas kalau Kamu bawa anak kecil karena bisa memberikan ruang yang lebih bebas bagi anak kecil untuk bergerak tanpa mengganggu orang lain.

Dilihat dari harga pun, sewa apartemen atau kontrakan rumah lebih ekonomis karena dihitung per unitnya, beda dengan hotel yang dihitung per orang dan tidak bisa negosiasi. Pastikan memilih penginapan yang aman karena tentunya Kamu tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk di penginapan selama berada di luar kota.