Halaman

Jumat, 30 Maret 2018

Serba Serbi Snowcake: Mengenal Oleh-Oleh yang Lagi Ngetren di Surabaya

Main ke Surabaya baik untuk acara keluarga, liburan, ada urusan pekerjaan, atau bahkan hanya sekedar lewat tentu belum lengkap kalau belum beli oleh-oleh. Surabaya punya banyak macam oleh-oleh yang bisa Kamu bawa sebagai buah tangan atau dinikmati sendiri.

Salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang klasik adalah kue lapis spikoe atau spiku yang merupakan kue lapis yang sudah ada sejak jaman Belanda dengan cake yang lembut dan sederhana namun rasanya bikin nagih dan tidak eneg sehingga banyak yang suka.

Serba Serbi Snowcake: Mengenal Oleh-Oleh yang Lagi Ngetren di Surabaya

Nah, sekarang ada oleh-oleh khas Surabaya yang sedang naik daun nih! Namanya Snowcake yang merupakan kue artis bikinan Zaskia Sungkar yang juga dikenal sebagai desainer pakaian muslim. Snowcake adalah bentuk modifikasi dari spikoe dengan varian rasa yang lebih modern dan kini banyak yang menyerbu dan makin banyak yang penasaran. Kamu juga termasuk yang penasaran dengan Snowcake ini? Ini dia info serba serbi Snowcake dari Zaskia Sungkar.

Spikoe kekinian ala Zaskia Sungkar

Sudah banyaknya artis yang buka bisnis kue-kuean di berbagai macam daerah tidak menghentikan langkah Zaskia Sungkar untuk terjun di bidang yang sama. Memilih Surabaya sebagai pasar utamanya, Zaskia muncul dengan Snowcake yang merupakan modifikasi kue khas Surabaya spikoe yang sudah puluhan tahun melegenda sebagai oleh-oleh klasik dari Surabaya.

Snowcake pertama kali diluncurkan pada Januari 2017 namun tidak butuh waktu lama bagi kue ini untuk jadi buruan masyarakat baik yang tinggal di Surabaya maupun yang berkunjung ke Surabaya dan sedang cari oleh-oleh. Kue lapis yang memiliki tampilan menarik, banyak rasa, pas buat cemilan, dan awet di jalan, membuatnya bisa jadi oleh-oleh yang pas dan modern dibawa dari Surabaya. Kalau Kamu sudah pernah coba? Mana yang jadi rasa Snowcake favoritmu?

Bentuk visual cake yang menggoda jadi daya tariknya

Pada dasarnya, Snowcake adalah cake atau kue spons yang terdiri dari tiga lapis seperti halnya spikoe klasik, namun dengan modifikasi yang membuatnya jadi lebih modern. Tiga lapis tersebut adalah lapisan kue pastry yang renyah dan kering, kemudian ditumpuk dengan kue spons yang lembut, ditumpuk lagi dengan kue pastry.

Beberapa varian memiliki lapisan yang berbeda, yaitu dengan dua lapisan kue spons pada bagian atas dan bawahnya, sedangkan bagian tengahnya diberi lapisan biskuit plus filling yang sesuai dengan varian rasanya. Kemudian, sesuai dengan namanya, pada bagian atas Snowcake ditaburi gula halus yang menutupi seluruh permukaan kue seperti salju.

Dilihat dari kemasannya, kue Snowcake ini memang mengundang orang untuk mencobanya. Dikemas dalam bantalan kue yang panjang yang satu kotaknya bisa dipotong 10 hingga 12 potong kue sehingga pas untuk dinikmati ramai-ramai.

Kue yang dibalut dengan taburan gula halus, dengan filling cream yang manis, kue spons yang lembut, dan lapisan pastry yang lebih renyah memberikan sensasi tersendiri ketika dimakan. Sayangnya, bagian pastry dengan kue sponsnya tidak menyatu dan sangat mudah terlepas ketika sudah dipotong. Karena terpisah-pisah maka biasanya orang makan bagian kue spons dan pastrynya secara terpisah. Ada juga yang lebih suka setelah dimasukkan ke dalam kulkas untuk sensasi dingin yang lebih nikmat.

Aneka macam rasa Snowcake yang kreatif

Snowcake membuka gerai pertamanya di di Jalan Flores no. 15 Surabaya, Kamu bisa langsung berkunjung ke sana untuk beli langsung dan memilih dari rasa-rasa yang tersedia.Tapi sekarang sudah ada beberapa gerai lainnya untuk memudahkan konsumen beli di lokasi-lokasi yang berbeda. Berikut adalah gerai Snowcake yang ada saat ini:

1. Jalan Flores 15
2. Jalan Jemursari 91
3. Royal Plaza Mall
4. Suncity Mall Sidoarjo
5. Bandara Juanda Surabaya Terminal 1 (Toko Belinda)
6. Stasiun Gubeng Surabaya

Snowcake Surabaya punya banyak varian rasa yang bisa Kamu pilih sesuai dengan selera. Semua rasa kuenya enak-enak dan patut untuk Kamu coba satu-satu agar tak penasaran. Berikut ini adalah varian rasa yang dimiliki oleh Snowcake Surabaya:

1. Snowcake Vanila
2. Snowcake Caramel
3. Snowcake Choco Banana
4. Snowcake Choco Green Tea
5. Snowcake Cheese
6. Snowcake Blueberry
7. Snowcake Mango Mint
8. Snowcake O’Cheese
9. Snowcake Choco Crunchy
10. Snowcake Oreo Blast Spiku
11. Snowcake Green Forest Spiku
12. Snowcake Snowmissyou
13. Snowcake Snowynut

Biar bikin Surabaya jadi lebih adem

Sejak diluncurkannya Snowcake di Surabaya pada awal tahun 2017, kue artis ini jadi oleh-oleh khas Surabaya yang banyak dicari orang. Banyak yang karena penasaran, banyak juga yang karena suka dengan rasanya meski memang agak repot makannya karena lapisan pastry yang mudah pecah dan mudah terlepas dari kue sponsnya. Tapi kalau rasanya enak, sedikit repot dalam menyantapnya tidak jadi masalah yang besar bukan?

Kata Zaskia, sosok di balik munculnya Snowcake Surabaya ini, dipilih kue dengan tampilan yang seolah ditutup dengan salju adalah karena untuk mendinginkan kota Surabaya yang terkenal dengan hawa panasnya.

Yah meski memang tidak ada efeknya sama sekali untuk mendinginkan suhu Surabaya yang panas, tapi setidaknya dengan makan sepotong kue Snowcake ini hati Kamu bisa jadi lebih adem karena rasa manisnya dan teksturnya yang unik bisa membuat moodmu jadi lebih baik. Tunggu apa lagi? Jangan sampai ketinggalan sama yang lainnya yuk, coba sendiri varian rasa Snowcake yang banyak pilihannya ketika Kamu sedang berkunjung ke Surabaya.